• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday192
mod_vvisit_counterYesterday918
mod_vvisit_counterThis week6711
mod_vvisit_counterLast week10394
mod_vvisit_counterThis month6711
mod_vvisit_counterLast month30043
mod_vvisit_counterAll days180856

We have: 16 guests online
Your IP: 3.228.220.31
 , 
Today: Aug 07, 2020

Strategi Sukses Memasarkan Biji Kakao

PDF 

https://european-seed.com/wp-content/uploads/2019/08/209649_web.jpg

JAKARTA-KAKAO INDONESIA. Berbicara mengenai hasil panen Kakao, para petani juga harus menentukan penjualannya, apakah berupa kakao kering atau fermentasi. Karena keduanya memiliki harga tersendiri, di mana harga kakao kering biasanya Rp20.000 sampai Rp22.000 per kg dan kakao fermentasi dihargai Rp25.000 per kg.

Tanaman kakao dapat dijadikan peluang bisnis berkelanjutan dan harus dipertahankan. "Buat koperasi tani bangun kemitraaan dengan petani melangkah secara perlahan, insyaallah kalau biji sudah bisa dijaga kualitasnya, maka banyak perusahaan yang akan melirik, biji yg kita siapkan," kata Zainuddin, petani kakao Bantaeng pada diskusi (5/6).

"Kalau pemasaran, saya selama ini dalam bentuk biji kering tapi bukan fermentasi. Kemarin saya jual 29,000 kadar 10" lanjutnya.

Andi Asrul menyarankan untuk tidak bergantung pada buyer besar, "lakukan terobosan baru dengan mengolah biji Kakao sendiri menjadi produk jadi (cokelat)" ucapnya.

Para petani juga berharap semoga masa pandemi ini segera berakhir. Agar orang-orang memiliki kebijakan membuat program bersama pihak buyer atau pembeli bisa terjun langsung ke lapangan untuk melihat kondisi di lapangan. Sehingga petani lebih mudah berinteraksi ketika ada buyer yang ingin bermitra dengan petani, organisasi petani ataupun koperasi tani.

"Kebanyakan petani sukses bukan karena keturunan bapaknya petani, tapi dia punya cita-cita jadi petani adalah pilihan sebuah profesi. Karena kebun adalah aset yg wajib dijaga, dikembangkan dan dipelihara," kata Achmad mengakhiri diskusi (5/6)

 

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish