• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday140
mod_vvisit_counterYesterday918
mod_vvisit_counterThis week6659
mod_vvisit_counterLast week10394
mod_vvisit_counterThis month6659
mod_vvisit_counterLast month30043
mod_vvisit_counterAll days180804

We have: 19 guests online
Your IP: 3.228.220.31
 , 
Today: Aug 07, 2020

Rahasia Mengembangkan Pasar Kakao Premium

PDF 

GORONTALO-KAKAO INDONESIA. Salah satu sumber keluhan petani kakao selain masalah hama dan penyakit adalah soal harga. Saat ini harga di tingkat pekebun cenderung tidak menarik meskipun kebutuhan bahan baku cokelat meningkat setiap tahunnya. Kondisi ini semakin pelik saat memasuk musim panen.

Taqwaluddin, petani kakao asal Pohuwato, Gorontalo, menilai pasar kakao sebenarnya masih baik. Harga masih stabil di angka Rp. 30,000-33,000 untuk non fermentasi, meskipun di beberapa daerah masih di angka Rp. 25,000-30,000 dan itu masih menguntungkan.

Terkait biji kakao fermentasi, ia mengakui mendapatkan pasar yang bisa memberikan harga menarik bukanlah sesuatu yang instan dan mudah. Menurut Commodity Organizer di Perhimpunan Burung Indonesia tersebut ada berapa hal yang harus petani pahami dalam proses mendapatkan penjualan yang menguntungkan.

Pertama, membangun jejaring ke beberapa industri pengolahan kakao menjadi cokelat merupakan hal ini sangatlah penting. Sebab buyer tidak akan mengenal produk kecuali pekebun menawarkan terlebih dahulu. Tentu produk yang dipasarkan harus mengikuti standar yang dibutuhkan pasar

Kedua, petani harus memahami, tahap awal membangun jejaring tidak serta merta berakhir pada kesepakatan hitam di atas putih. Petani harus terlebih dahulu mengirim sampel. Mulai dari 1 kg, jika pasar suka maka akan meminta sampel 50 kg kemudian baru memesan. Jika kualitas dapat dipertahankan maka permintaannya dapat meningkat hingga 100 kg, dan begitu seterusnya.

Ketiga, pada pemesanan awal, buyer jarang langsung memesan dalam jumlah besar. Paling banter 50-300 kg. Setelah petani sukses melakukan penjualan, belum tentu pasar akan segera memesan kembali karena belum ada kontrak kerja sama. Pada saat itu buyer masih melihat konsistensi mutu dari produk petani.

Keempat, kadang buyer meminta produk pada saat buah kakao terbatas yang membuat petani kewalahan mencari dan mengumpulkan biji kakao. Solusinya adalah menyetok biji kakao fermentasi.

Taqwaluddin berharap setiap petani kakao memiliki semangat tinggi dan tidak gampang patah semangat. “Dalam bisnis bisa saja mengalami kerugian tapi dari setiap hal buruk akan ada pengalaman baru yang diperoleh pekebun”, jelas petani sekaligus pembina kelompok tani yang sukses memasok biji kakao ke Mason Bali, DKM Jakarta dan Fossa Singapura.

 

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish