• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday806
mod_vvisit_counterYesterday1027
mod_vvisit_counterThis week6538
mod_vvisit_counterLast week7981
mod_vvisit_counterThis month25056
mod_vvisit_counterLast month24275
mod_vvisit_counterAll days726270

We have: 9 guests online
Your IP: 23.20.20.52
 , 
Today: Jan 25, 2022

Alat Pengukur Kadar Air

PDF 

Alat pengukur kadar air

JAKARTA-KAKAO INDONESIA. Kebanyakan petani kakao menentukan kadar air dengan cara menggengam biji, lalu melepaskannya. Jika tidak ada yang menempel maka biji kakao sudah dianggap memiliki kadar air yang layak dijual.

Idealnya biji kakao sebelum dimasukkan ke dalam karung, telah dikeringkan hingga kadar air 7,5%. Hanya saja karena petani sering menentukan tingkat kekeringan dengan cara manual seringkali perkiraannya meleset. Salah seorang pengumpul besar di Luwu, Sulsel menuturkan jika ia sering masih harus menjemur biji kakao petani. Pasalnya setelah diukur seringkali kadar airnya lebih dari 7 %. Dalam kondisi demikian biji kakao akan mudah terkena jamur saat disimpan.

 

Oleh sebab itu petani kakao perlu memiliki alat pengukur biji kakao. Salah satu perangkat yang cukup praktis adalah buatan Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Jember, seperti gambar di bawah. Biji kakao cukup dimasukkan ke dalam corong lalu diukur. Maka pada monitor akan muncul angka yang menunjukkan kadar air.

Alat ini telah digunakan oleh petani peserta Gernas, yang merupakan paket bantuan dengan unit pengolahan biji kakao. Namun untuk para pekebun kakao lainnya, tidak ada salahnya untuk memiliki alat ini. Agar tidak perlu lagi menentukan kadar air secara manual (HS)

 

 

 

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish