• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday189
mod_vvisit_counterYesterday919
mod_vvisit_counterThis week3847
mod_vvisit_counterLast week5589
mod_vvisit_counterThis month1108
mod_vvisit_counterLast month25595
mod_vvisit_counterAll days288984

We have: 13 guests online
Your IP: 3.215.182.81
 , 
Today: Apr 02, 2020

Melirik Rahasia Biji Kakao Premium Tabanan Bali

PDF 

DENPASAR-KAKAO INDONESIA. Biji kakao Tabanan Bali ternyata digunakan oleh sejumlah chocolate maker untuk membuat cokelat segera single origin karena sudah cukup untuk menghasilkan cokelat dengan rasa yang unik. Sehingga wajar biji kakao organik dihargai lebih mahal dari biji kakao fermentasi biasa. Konon harga jual biji kakao organik asal Tabanan ini bisa mencapai di atas Rp. 50 ribu per kg.

Menurut Adi Pertama, Ketua Subak Abian Buana Mekar Subak Cokelat, petani di desanya, tepatnya di Desa Angkah, Tabanan Bali, merupakan salah satu penghasil kakao premium. Menurut pelanggan yang rutin menggunakan bahan baku asal subaknya, cokelat yang dihasilkan memiliki rasa yang khas yakni kacang.

“Keunikan rasa tersebut muncul tidak lepas dari unsur hara yang disupply dari bahan-bahan organik. Faktor lainnya adalah klon yang digunakan mayoritas ICCRI 02 yang memiliki biji dengan ukurang besar. Namun pada akhirnya kualitas rasa akan dipengaruhi proses fermentasi”, jelas Adi Pertama.

Konon biji kakao asal Tabanan sudah digunakan secara luas dikalangan chocolate maker seperti Pipiltin Cocoa (Jakarta), Navil Natural (Yogyakarta), dan Deli Coco (Bandung). Selain menjual dalam bentuk biji, subak abian ini juga memasarkan produk setengah jadi dalam bentuk nibs, lemak dan powder.

 

 

Add comment


Security code
Refresh

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish