• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday224
mod_vvisit_counterYesterday919
mod_vvisit_counterThis week3882
mod_vvisit_counterLast week5589
mod_vvisit_counterThis month1143
mod_vvisit_counterLast month25595
mod_vvisit_counterAll days289019

We have: 10 guests online
Your IP: 3.215.182.81
 , 
Today: Apr 02, 2020

Rahasia Memasarkan Kakao Premium

PDF 

https://img.kumparan.com/image/upload/v1577069225/imyxbdl1tsslhmpo4hw2.jpg

DENPASAR-KAKAO INDONESIA. Salah satu kendala yang dihadapi petani kakao adalah kesulitan mendapatkan pasar yang memberikan keuntungan menarik. Tidak jarang mitra yang hadir berujung pada kerjasama yang mendatangkan bencana.

Hal sama juga dirasakan petani yang tergabung dalam Koperasi Kerta Semaya Samaniya – KSS, Jembrana, Bali yang saat ini sukses memasarkan kakao premium hingga keluar negeri. Pada awalnya merasakan kesulitan memasarkan kakao fermentasi.

Menurut Agung Widi, pendamping dari Koperasi KSS, mereka telah berjuang lebih dari selama 9 tahun. Sampai sekarang tidak pernah berhenti dan menyerah.

“Awal tahun 2012 kami hanya punya buyer satu, dan kami mengalami masalah dengan mitra tersebut yang mendatangkan malapetaka. Namun berkat kerja keras dan kekompakan dari 609 petani yang kami dampingi bersama koperasi KSS, akhirnya saat ini kami memiliki 20 list buyer domestik dan international yang semuanya membeli biji kakao fermentasi”, jelasnya.

Ada beberapa kunci sukses memenangkan pasar premium menurut Agung Widi berdasarkan pengalamannya panjang bersama Koperasi KSS, yakni berkelompok dan berkoperasi. Kemudian tentukan pangsa pasar mana yang diraih khususnya niche market. Pemahaman terkait hulu dan hilir di tingkat petani harus berimbang.

Lalu temukan keunikan cita rasa (aromatic profile) biji kakao yang kita produksi agar memiliki posisi tawar yang kuat. Kuasai product knowledge dengan baik. Kemudian ciptakan behind story yang kuat tentang produk kita menjadi bagian dari branding atau image positif produk yang kita hasilkan

Ketika petani melakukan secara konsisten hal tersebut maka kandala pasar dapat diatasi. Setidaknya pengalaman Koperasi KSS membuktikan hal tersebut.

 

 

Add comment


Security code
Refresh

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish