• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday518
mod_vvisit_counterYesterday736
mod_vvisit_counterThis week2307
mod_vvisit_counterLast week4650
mod_vvisit_counterThis month11676
mod_vvisit_counterLast month21921
mod_vvisit_counterAll days179018

We have: 8 guests online
Your IP: 35.173.234.140
 , 
Today: Nov 19, 2019

Memproduksi Cokelat secara Etis dan Berkelanjutan

PDF 

https://tonyschocolonely.com/assets/images/bar/en_US/bar.png

JAKARTA-KAKAO INDONESIA. Rasa manis kakao ternyata tidak seindah bisnis kakao itu sendiri. Sebagaimana kita ketahui bahwa negara maju merupakan konsumen terbesar makanan terlezat di dunia ini. Namun kondisi di atas tidak memastikan produksi kakao berkemanusiaan.

Berdasarkan data yang ada diperkirakan 2,3 juta anak yang bekerja pada perkebunan kakao di Ghana dan Pantai Gading. Dimana mereka tidak dibayar secara layak pasca melakukan pemanen buah kakaodan menjadi bentuk perbudakan masa kini.

Namun yang menjadi persoalan, perusahaan besar umumnya sulit memastikan rantai pasoknya terbebas dari praktek-praktek sedemikian. Pembelian biji umumnya menggunakan jasa broker yang menghubungkan pekebun dengan pabrik. Para trader dalam prakteknya mencampur biji dari berbagai sumber, sehingga industri sulit melacak asal usul biji yang diolah

Beberapa perusahaan berupaya merespon kondisi tersebut. Seperti halnya Tony’s Chocolonely yang berupaya memastikan sumber bijinya “bersih” selama 13 tahun dengan membeli langsung dari petani. Serta mendorong supplyer untuk tidak melakukan tindakan tidak etis seperti mempekerjaan anak. Sistem ketelusuran bahan baku perusahaan ini berkaitan dengan peningkatan manfaat terhadap jaringan penyediaan bahan baku.

Perusahaan Tony’s Chocolonely juga membangun sistem ketelusuran berbasis digital. Sehingga setiap produk yang dihasilkan terdapat barcode yang ketika dikaitkan dengan sistem dapat dijelaskan sumber bijinya dan proses pengolahannya. Sehingga konsumen dapat memastikan jika produk yang mereka konsumsi dihasilkan dengan proses yang berkelanjutan.

Pertanyaannya apakah industri pengolahan cokelat di Indonesia siap menerapkan sistem ketelusuran bahan baku?

 

 

Add comment


Security code
Refresh

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish