• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday437
mod_vvisit_counterYesterday412
mod_vvisit_counterThis week849
mod_vvisit_counterLast week4490
mod_vvisit_counterThis month14616
mod_vvisit_counterLast month19555
mod_vvisit_counterAll days139535

We have: 6 guests online
Your IP: 18.206.16.123
 , 
Today: Sep 22, 2019

Melirik Karakteristik Biji Kakao Antar Wilayah Indonesia

PDF 

https://www.organicfacts.net/wp-content/uploads/cocoabutter-1.jpg

JAKARTA-KAKAO INDONESIA. Ternyata faktor lingkungan mempengaruhi karakteristik fisik dari biji kakao. Setidaknya ini dibuktikan dari hasil penelitian Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia.

Dari hasil penelitian terhadap sempel biji kakao yang berasal dari Sumatera Barat (Pasaman Barat dan Padang Pariaman), Lampung (Pringsewu, Lampung Timur dan Pesawaran), Jawa Timur (Pacitan, Madiun dan Blitar), Sulawesi Barat (Majene, Polewali Mandar dan Mamuju), Sulawesi Tengah (Sigi, Donggala dan Parigi Mountong), Sulawesi Selatan (Soppeng, Pinrang dan Luwu), Sulawesi Tenggara ( Konawe, Kolaka dan Kolaka Utara), Papua Barat (Manokwari dan Menokwari Selatan) diperoleh beberapa hasil yang menarik.

Berdasarkan ukuran biji, dari sampel yang ada bervariasi antara 91–107 biji per per 100 g weight. Dengan bobot bersih per biji 1.09–1.43 g per biji dengan kandungan kandungan kulit 12.89–15.78%. Sementara dari perbandingan wilayah, Sulawesi Tenggara memiliki bobot biji terkecil sementara Jawa Timur memiliki bobot terberat 1.43 g/beans.

Sementara dari untuk titik cair (melting point) lemak kakao maka biji asal Sulawesi Tengah memiliki melting point tertinggi yakni 39.20 derajat Celcus. Sementara Sulawesi Tenggara memiliki melting point terendah. Secara umum biji kakao dari cokelat dari biji kakao Indonesian melting point 36.65 - 39.20 derajat Celcus lebih tinggi dari titk cari lemak kakao Brazil.

 

Add comment


Security code
Refresh

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish