• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday438
mod_vvisit_counterYesterday412
mod_vvisit_counterThis week850
mod_vvisit_counterLast week4490
mod_vvisit_counterThis month14617
mod_vvisit_counterLast month19555
mod_vvisit_counterAll days139536

We have: 7 guests online
Your IP: 18.206.16.123
 , 
Today: Sep 22, 2019

Industri Kreatif Kunci Keberlanjutan Kakao Nasional

PDF 

Image result for cafe chocolate

JAKARTA-KAKAO INDONESIA. Salah satu strategi untuk memperkuat kakao nasional adalah dengan menumbuhkan industri kreatif. Kisah sukses kopi bisa menjadi model dari pengembangan kakao.

Menurut Mindo Sianipar, pemerhati perkebunan, pemerintah perlu mendorong tumbuhnya industri kreatif pada kakao seperti kafe cokelat, pembuat cokelat atau cake premium, yang mampu membeli kakao petani dengan harga yang menarik.

Seperti halnya pada kopi dampak kemunculan coffee culture yang menumbuhkan kafe turut mendorong peningkatan harga pembelian petani kopi mitra. Hal yang sama diharapkan juga terjadi pada kakao.

“Setidaknya kehadiran kafe cokelat atau pemilik brand cokelat seperti Pod Chocolate, Cau Chocolate, Cokelat Ndalam memberi warna baru dalam perkakaoan nasional, dimana perusahaan tersebut bersedia membeli biji kakao dengan mutu terbaik dari petani di atas harga pasar, hingga Rp. 60 ribu per kg biji ”, jelas anggota Komisi IV, DPR RI.

Pemerintah harus hadir dalam menumbuhkan usaha seperti itu sekaligus mengampanyekan budaya makan cokelat sebagai gaya hidup dan kesehatan agar pasar untuk produk dari industri kreatif tersebut tersedia. Penumbuhan bisnis ini akan semakin luar biasa jika dikombinasikan dengan startup. Pasalnya dengan proporsi penduduk Indonesia yang masuk ke dalam kategori kelas menengah Indonesia cukup besar yang merupakan pasar potensi untuk produk cokelat dan turunan lainnya.

 

Add comment


Security code
Refresh

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish