• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday226
mod_vvisit_counterYesterday533
mod_vvisit_counterThis week4480
mod_vvisit_counterLast week3906
mod_vvisit_counterThis month15007
mod_vvisit_counterLast month5364
mod_vvisit_counterAll days120371

We have: 55 guests online
Your IP: 18.232.53.231
 , 
Today: Aug 24, 2019

Rahasia Kaya Raya dari Perkebunan Kakao

PDF 

https://cdn.shopify.com/s/files/1/0631/9861/products/cacao_nibs_styled_shoot_1_1024x1024.jpg?v=1506482243

JAKARTA-KAKAO INDONESIA. Saat ini banyak petani yang mengeluhkan tentang tidak menariknya bisnis kakao. Pasalnya serangan hama penyakit sulit ditangani, sementara harga pembelian kurang memberikan insentif bagi petani.

Namun di tangan pekebun yang kreatif, lahan perkebunan kakao dapat berubah menjadi bisnis yang menarik. Seperti apakah langkah-langkah menjadi kaya dengan perkebunan kakao? Kuncinya ada pada diversifikasi usaha. Jika Anda memiliki lahan lebih dari 3 ha maka Anda sebaiknya tidak hanya mengembangkan kebun produksi namun juga usaha lain.

Pertama, Anda bisa mengembangkan kebun entres dan lahan pembibitan. Saat ini, permintaan entres cukup besar mengingat banyaknya kegiatan penyediaan benih oleh pemerintah atau swasta. Lalu sisakan lahan untuk dijadikan pembibitan. Setidaknya dengan luasan 0,5 ha Anda bisa memproduksi benih hingga 50 ribu batang. Bayangkan dengan menjual bibit 50 ribu batang saja Anda bisa mendapatkan penghasilan Rp. 450 juta.

Kedua, sebaiknya bangun kebun kakao Anda dengan pola intercropping misalnya menggunakan tanaman penaung produktif seperti kelapa. Atau Anda bisa menanam gamal sebagai penaung sekaligus menjadi tajar hidup untuk vanili. Seandainya populasi vanili Anda sebanyak 100 batang per ha, dengan potensi 20 kg kering dengan harga Rp. 5 juta per kg maka Anda bisa memperoleh pendapatan Rp. 100 juta /ha.

Ketiga, pastikan bahwa Anda membangun kebun untuk menghasilkan produk premium. Sebelum menanam kakao pastikan pasar yang ingin Anda sasar. Jangan hanya menjual biji kakao namun juga dalam bentuk nibs. Atau Anda bisa mengembangkan kakao organik untuk menjual biji kakao dengan kemasan dan brand tertentu. Dengan asumsi produksi biji kakao per ha 700 kg, dengan harga Rp. 50.000,- maka Anda bisa memperoleh pendapatan Rp. 35.000.000 per ha atau bisa menjadi Rp. 70 juta jika dijadikan nibs.

Jika kebun Anda berada dekat dengan lokasi wisata atau mudah terjangkau Anda bisa mengembangkan agrowisata. Para pengunjung bisa melakukan berbagai kegiatan dan aktivitas di kebun Anda. Tentu saja pendapatan yang bisa diperoleh juga cukup menarik. Dengan melakukan strategi tersebut maka, dengan lahan yang tidak terlalu luas Anda bisa mendapatkan penghasilan yang menggiurkan.

 

 

Add comment


Security code
Refresh

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish