• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday214
mod_vvisit_counterYesterday533
mod_vvisit_counterThis week4468
mod_vvisit_counterLast week3906
mod_vvisit_counterThis month14995
mod_vvisit_counterLast month5364
mod_vvisit_counterAll days120359

We have: 43 guests online
Your IP: 18.232.53.231
 , 
Today: Aug 24, 2019

Cara Menjemur Biji Kakao

PDF 

JAKARTA-KAKAO INDONESIA. Penjemuran adalah hal yang penting dalam menentukan mutu kakao karena berkaitan dengan kadar air. Adapun penjemuran terbaik adalah di terik matahari dengan menggunakan para-para.

Par-para merupakan bangunan penjemur terbuat dari plastik dengan kerangka kayu. Sehingga saat terjadi hujan mendadak petani tidak perlu biji kakao memasukkan ke dalam karung.

Untuk ukuran para bisa dengan 6 x 2,5 m, tinggi 2 m, atau dengan ukuran yang lebih kecil atau lebih besar. Lalu bagian atas terdapat plastik atau UV sebagai penaung.

Penjemuran selama 3-4 hari sampai Kadar Air sekitar 7% dilakukan di atas rak bambu agar tidak langsung bersentuhan dengan tanah. Pembalikan biji sehari sekali agar biji kering merata. Sebaiknya saat penjemuran dihindari berdekatan dengan barang-barang berbau karena dapat mengkontaminasi biji kakao.

Dengan penjemuran yang baik maka resiko biji kakao terkontaminasi jamur saat pengiriman atau penyimpanan dapat dihindari.

 

Add comment


Security code
Refresh

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish