• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday841
mod_vvisit_counterYesterday2363
mod_vvisit_counterThis week12155
mod_vvisit_counterLast week6662
mod_vvisit_counterThis month25601
mod_vvisit_counterLast month30275
mod_vvisit_counterAll days910714

We have: 82 guests online
Your IP: 54.144.24.41
 , 
Today: Jan 19, 2019

Mengenal Sejarah Kakao Indonesia

PDF 

https://chocolateclass.files.wordpress.com/2015/02/668_06_2.jpg

JAKARTA-KAKAO INDONESIA. Bagi para chocolate lover, ada beberapa sejarah terkait dengan kakao, tanaman penghasil bahan baku coeklat.

Ternyata kakao itu bukan tanaman asli Indonesia. Melainkan berasal dari lembah Amazon, Amerika Latin

Konon tanaman kakao dikenal pertama kali di Indonesia pada tahun 1560 dengan perantaraan orang-orang Spanyol yang membawanya ke Sulawesi dan Jawa. Ketika itu Jenis kakao yang masuk pertama kali itu adalah jenis Criollo Venezuela, dan dibawa dari Filipina. 

Lalu pada tahun 1880 dimasukkan jenis kakao lain ke Indonesia, yaitu jenis Forastero dari Venezuela. Kemudian pada awal abad 19 hampir semua pertanaman kopi arabika di Indonesia terserang jamur Hemileia vastatrix B. & Br. sehingga banyak pekebun kopi yang mengalihkan usahanya ke tanaman lain, diantaranya adalah tanaman kakao.

Sebelum abad ke 20 pertanaman kakao di Indonesia kebanyakan terdapat di pulau Jawa. Pada saat ini usaha kakao lebih banyak di luar pulau Jawa, khususnya Sulawesi. Saat ini Indonesia tercatat sebagai produsen kakao terbesar di dunia setelah Pantai Gading dan Ghana.

 

Add comment


Security code
Refresh

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish