• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday367
mod_vvisit_counterYesterday593
mod_vvisit_counterThis week2750
mod_vvisit_counterLast week5483
mod_vvisit_counterThis month14107
mod_vvisit_counterLast month21653
mod_vvisit_counterAll days977722

We have: 15 guests online
Your IP: 3.91.157.213
 , 
Today: Apr 18, 2019

Mengenal Kotak Fermentasi

PDF 

JAKARTA-KAKAO INDONESIA. Fermentasi adalah proses yang harus dilakukan dalam mendapatkan biji kakao dengan aroma cokelat yang khas. Ada beberapa wadah yang biasa digunakan, namun yang lazim digunakan dan diajurkan adalah menggunakan kotak fermentasi.

Kapasitas kontak fermentasi bervariasi. Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia membuat design kotak fermentasi dengan kapasitas 40 kg per kotak individu dan 650 kg untuk kotak secara kelompok. dan dilengkapi alat pengontrol suhu. Dengan ukuran dengan design sebagaimana gambar di bawah.

Gambar. Design Kotak Fermentasi (Sumber: Pusat Penelitian Kopi dan Kakao)

Proses fermentasi berlangsung hingga 5 hari dimana suhu dapat mencapai 40 derajat Celcus. Namun untuk menghasilkan kondisi full fermentasi beberapa petani melakukan ekspermen, baik dalam pemilihan biji, variasi waktu pembalikan hingga lamanya waktu fermentasi untuk mendapatkan aroma yang khas.

Namun tanpa proses fermentasi aroma cokelat tidak muncul dan rasa pahit akan lebih kuat. Hanya saja petani kakao di Indonesia jarang yang melakukan fermentasi karena tidak tersedia pasar secara lokal.

 

Add comment


Security code
Refresh

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish