• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday125
mod_vvisit_counterYesterday507
mod_vvisit_counterThis week125
mod_vvisit_counterLast week4733
mod_vvisit_counterThis month10336
mod_vvisit_counterLast month38135
mod_vvisit_counterAll days933584

We have: 34 guests online
Your IP: 34.229.175.129
 , 
Today: Feb 17, 2019

Kabupaten Pesawaran Mengembangkan Cluster Kakao

PDF 

http://www.lampost.co/upload/111ef2390f60c5d826f16e1605a553d0.jpg

BANDAR LAMPUNG-KAKAO INDONESIA. Melihat aspek positif dari pengembangan ekonomi kreatif dan klusterisasi kakao Pemerintah Daerah Kabupaten Pesawaran telah menyusun rencana pengembangan kampung kakao yang berlokasi di Sungai Langka dan Wiyono, Kecamatan  Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung dengan luasan kakao  656 ha. Sementara Kawasan Desa Sungai Langka telah ditetapkan sebagai desa agrowisata di Bandar Lampung sekaligus yang pertama di Provinsi tersebut.

Pemilihan 2 desa tersebut karena di wilayah tersebut terdapat penangkar bibit unggul tanaman kakao, home industry pengolahan cokelat, terdapat tugu agrowisata dan tersedia irigasi dengan system pompa. Di Kawasan tersebut juga terdapat sumber air permandian.

“Kami telah mengalokasikan APBD untuk mewujudkan kawasan tersebut dalam 3 tahun ini. Tentu kami berharap dukungan berbagai pihak khususnya dukungan dana dari pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pertanian, Kementerian Periwisata dan Kementerian lain agar dapat menjadikan kawasan ini sebagai proyek percontohan pengembangan agrowisata berbasis perkebunan masyarakat dengan skala luas dan terintegrasi dengan wisata alam”, jelas Dendi Ramadhona Bupati Pesawaran.

Selain membangun kampung cokelat Pemerintah Daerah Kabupaten Pesawaran juga tengah membangun Andan Sejama Ecopark yang terdapat di Desa Negeri Sakti, Kecamatan Gedong Tataan di atas lahan seluas 8 ha yang terdapat galeri cokelat dan hortikultura.

Melalui pengembangan agrowisata ini diharapkan pekebun dapat menikmati hasil berupa nilai tambah dari pegolahan biji kakao menjadi cokelat dan pendapatan dari kunjungan masyarakat.

 

 

Add comment


Security code
Refresh

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish