• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday1212
mod_vvisit_counterYesterday869
mod_vvisit_counterThis week2673
mod_vvisit_counterLast week9831
mod_vvisit_counterThis month18588
mod_vvisit_counterLast month34381
mod_vvisit_counterAll days873426

We have: 26 guests online
Your IP: 54.147.16.12
 , 
Today: Dec 18, 2018

Aroma Kakao Ditentukan Jenis dan Lokasi

PDF 

Chocolate Flavor Wheel

JAKARTA-KAKAO INDONESIA. Ternyata aroma kakao tidak semata-mata ditentukan oleh faktor genetis. Proses pengolahan ternyata turut menentukan karakteristik aroma.

Dari hasil penelitian para pakar kakao yang diterbitkan di jurnal Acta horticulturae (2014) menunjukkan jika perbedaan lokasi pengolahan dan genetis turut mempengaruhi aroma. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan pengujian terhadap hasil olah dari sejumlah tempat fermentasi dan beberapa jenis kakao yang bersumber dari lokasi kebun yang sama.

Hasil riset tersebut membuktikan jika faktor genetik memberikan efek terhadap aroma terhadap floral flavour (aroma seperti bunga). Sementara untuk perbedaan lokasi berpengaruh terhadap artibut fruity flavour (aroma seperti buah). Sehingga hasil kajian ini memberikan dasar yang kuat untuk menjadikan asal usul biji kakao sebagai penentu karakteristik cita rasa.

Seperti halnya konsep "terroir", yang sudah menjadi hal yang lazim untuk minuman anggur, dan hal ini tengah diterapkan pada kakao. Penelitian ini sekaligus menjadi dasar ilmiah untuk produk-produk olahan cokelat yang menggunakan konsep single origin.

 

Add comment


Security code
Refresh

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish