• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday1239
mod_vvisit_counterYesterday869
mod_vvisit_counterThis week2700
mod_vvisit_counterLast week9831
mod_vvisit_counterThis month18615
mod_vvisit_counterLast month34381
mod_vvisit_counterAll days873453

We have: 51 guests online
Your IP: 54.147.16.12
 , 
Today: Dec 18, 2018

Dr Flo, Cokelat Enak Asli Sumatera Selatan

PDF 

PALEMBANG-KAKAO INDONESIA. Indonesia tidak hanya dikenal sebagai penghasil biji kakao terbesar di dunia, namun produk-produk cokelat enak asli Indonesia mulai bermunculan. Salah satunya adalah produk Dr Flo.

Menurut Yohanes S, pemilik produk cokelat Dr Flo, ia mulai mengembangkan bisnis cokelat ini satu tahun yang lalu. Berawal dari kecintaannya akan cokelat enak seperti yang pernah ia nikmati di luar negeri. Pasalnya sejak tahun 2010 ia telah bekerja di Qatar di pengeboran minyak.

Lalu pada saat ia kembali ke kampungnya di Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan ia prihatin dengan nasib komoditas yang dikelola masyarakat yakni karet. Iapun berpikir untuk mengembangkan komoditas perkebunan yang harganya masih cukup menarik.

 

Gambar. Biji Kakao Pilihan Bahan Baku Cokelat Dr Flo

Maka sejak tahun 2016 Yohanes mencoba menanam kebun kakao seluas 10 ha. Kemudian sejak tahun 2017 iapun berpikir untuk mengembangkan pengolahan cokelat. Ia lalu belajar otodidak dan mencoba membuat cokelat.

“Saat ini kami telah mampu produksi cokelat dengan kapasitas 35 kg cokelat setiap bulannya dengan bahan baku 100 % biji kakao asal Indonesia. Namun kami tengah menaikkan kapasitas hingga 200 kg menunggu mesin baru tiba. Untuk pemasaran produk kami sudah dijual sampai ke Jakarta, Surabaya dan Bali”, jelasnya.

Untuk memastikan cita rasa terbaik maka ia menggunakan biji kakao fermentasi yang disortasi dengan baik. Lalu penjemuran menggunakan solar drayer untuk mencegah kontaminasi benda asing.

“Kami menjual beberapa varian kandungan kakao yang bisa dipilih oleh konsumen sesuai dengan selera. Termasuk kami memasarkan dark chocolate yang baik untuk kesehatan”, kata Yohanes.

Melalui usahanya ini membuktikan peluang pengembangan industry pengolahan cokelat yang dikelola oleh masyarakat terbuka luas. Di sisi lain melalui kehadiran Dr Flo kakao Indonesia khususnya asal Musi Rawas memiliki mutu yang tidak kalah dari negara lain selama diproses dengan baik.

 

 

Add comment


Security code
Refresh

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish