• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday1248
mod_vvisit_counterYesterday869
mod_vvisit_counterThis week2709
mod_vvisit_counterLast week9831
mod_vvisit_counterThis month18624
mod_vvisit_counterLast month34381
mod_vvisit_counterAll days873462

We have: 60 guests online
Your IP: 54.147.16.12
 , 
Today: Dec 18, 2018

Pasar Kakao Premium Itu Nyata

PDF 

DENPASAR-KAKAO INDONESIA. Banyak petani kakao yang mengeluh soal harga biji kakao yang fluktuatif. Tidak jarang harga di bawah Rp. 30 ribu/kg. Namun Dua entrepreneur cokelat asal Tabanan, Bali dan Batu Malang, Jawa Timur membuktikan jika pasar kakao premium itu ada.

I Wayan Alit, founder dari perusahaan pembuat cokelat dan pengelola agrowisata, Cau Chocolates, Tabanan, Bali, menjelaskan bahwa jika perusahaannya siap menampung biji kakao fermentasi di dengan harga mencapai Rp. 40.000,- untuk biji kakal kebun kakao yang dikelola secara organik namun bersertifikat.. Jika memiliki sertifikat organik ia berani membeli dengan harga Rp. 50.000,-. Syaratnya, biji bersih dan pengeringan dilakukan dengan bambu.

“Kami per hari mengolah sampai 400 kg biji. Ada yang jadi bean roasted, nibs, sweet nibs, powder, butter dan cokelat”, jelas pengusaha wisata alam tersebut.

Gambar. Cokelat dengan bahan baku kakao Bali

Meskipun siap memfasilitasi seritifikasi organik untuk perkebunan petani namun Wayan berharap dukungan pemerintah untuk sertifikasi kebun. Pasalnya biayanya cukup mahal. “Kami berharap pemerintah memberikan bantuan alat pengolahan khususnya kotak fermentasi pada kelompok tani potensial. Kami siap menjadi mitra selama ada dapat biji dan kami memberikan kepastian “, jelasnya.

Sementara Merry Sujiati, pengolah cokelat dengan brand Cokelat Mesuji mengaku membeli roast bean dari petani dengan harga 180 ribu sampai 380 ribu per kg. Hanya kendalanya masih sedikit petani yang menghasilkan kakao fermentasi. Seringkali mutunya berbeda untuk antar pengiriman.

“Saya mengambil biji kakao dari Ploso Klaten, Polowali Mandar, Gunung Kidul. Namun saya membeli dalam jumlah kecil karena kapasitas pengolahannya yang masih terbatas”, kata entrepreneur asal Jawa Timur itu.

Kedua pengolah cokelat ini memastikan jika pasar premium untuk kakao fermentasi itu ada. Hanya menurut Merry, banyak petani yang masih beranggapan menjual kakao fermentasi adalah mimpi besar.

 

Comments  

 
0 #1 cheap hosting webprofile 2018-11-01 12:28
Need cheap hosting? Try webhosting1st, just $10 for an year.

Quote
 

Add comment


Security code
Refresh

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish