• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday594
mod_vvisit_counterYesterday828
mod_vvisit_counterThis week5180
mod_vvisit_counterLast week7251
mod_vvisit_counterThis month24368
mod_vvisit_counterLast month40295
mod_vvisit_counterAll days781688

We have: 97 guests online
Your IP: 54.156.51.193
 , 
Today: Sep 19, 2018

Apa yang Membuat Petani Kakao Miskin?

PDF 

JAKARTA-KAKAO INDONESIA. Kakao adalah bahan baku makanan sejuta umat dan menglobal. Lalu pertanyaannya mengapa banyak petani kakao di Indonesia tidak sejahtera?

Menurut Kakao Indonesia, secara sederhana orang akan mengatakan bahwa hal tersebut diakibatkan mutu yang buruk dan produktivitas yang rendah. Namun jika dibedah lebih dalam persoalan itu bersumber dari kelembagaan yang lemah.

Ketika petani memiliki kelembagaan yang lemah maka yang terjadi petani akan sulit terkoneksi langsung dengan industri atau café chocolate. Secara individu petani hanya akan menghasilkan dalam jumlah sedikit yang pengirimannya langsung ke end buyer menjadi tidak efisien. Sehingga tidak jarang mereka menjual kepada pengepul yang tidak mensyaratkan mutu terbaik.

Tapi apa yang terjadi ketika petani terhimpun dalam sebuah kelembagaan seperti LEM atau Koperasi? Maka petani bisa menghimpun biji kakao dalam jumlah besar sehingga akan menarik café owner untuk bermitra karena ingat para pelaku usaha tersebut jelas membutuhkan biji kakao.

Ketika terjadi jejaring maka yang terjadi adalah harga yang lebih baik, adanya insentif terhadap mutu dan transfer teknologi. Lalu melalui kelembagaan maka petani bisa melakukan pengolahan secara kolektif dan tidak sendiri-sendiri sehingga konsistensi mutu dapat dipertahankan.

Sayangnya sebagian besar petani kakao belum terhimpun dalam kelembagaan yang ideal dan sering memasarkan produknya secara individual. Sehingga pada akhirnya menjadi mangsa dari para tengkulak dan hingga seumur hidupunya tidak pernah tahu standar kakao premium.

Jadi menurut Kakao Indonesia cara terbaik untuk meningkatkan kesejahteraan petani adalah melalui penguatan kelembagaan petani. Lalu ciptakan sebuah sistem pemeliharaan kebun dan pengolahan secara kolektif. Sehingga standar mutu dapat dicapai secara konsisten.

 

 

Add comment


Security code
Refresh

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish