• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday1352
mod_vvisit_counterYesterday1659
mod_vvisit_counterThis week5003
mod_vvisit_counterLast week13959
mod_vvisit_counterThis month30947
mod_vvisit_counterLast month36284
mod_vvisit_counterAll days676006

We have: 18 guests online
Your IP: 54.166.141.12
 , 
Today: Jun 18, 2018

Cara Membuat Cocoa Nibs Sendiri

PDF 

https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcR7O3TfpAjJL1I7PASespfQxjMrZt7wYeNPNrlorQ60ebWD3UAwrA

JAKARTA-KAKAO INDONESIA. Saat ini terdapat trand konsumsi nibs kakao. Salah satu pertimbangannya bagian kakao yang lepas dari kulit luar tersebut kaya kandungan polifenol yang baik untuk kesehatan.

Ada banyak konsumen yang ingin mencoba meroasting biji kakaonya sendiri, seperti hal yang lazim di kalangan coffee lover. Hanya pertanyaannya berapa lama dan pada suhu berapa idealnya untuk menghasilkan nibs yang punya aroma khas.

Untuk membuat nibs yang baik maka Anda harus menggunakan biji kakao fermentasi. Jika tidak maka nibs yang akan dihasilkan akan terasa sangat pahit. Kemudian Anda bisa melakukan roasting menggunakan alat yang biasa digunakan untuk menggongseng kopi. Pada saat roasting maka aroma akan terbentuk, kadar air akan menurun.

Untuk menghasilkan nibs terbaik, para peneliti dari Pusat Penelitian Kopi dan Kakao merekomendasikan, suhu pemanggangan antara 110 derajat sampai dengan to 160 derajat Celcus untuk mencapai aroma yang baik. Dengan waktu roasting antara 15 sampai dengan 40 menit. Namun dari hasil penelitian para peneliti tersebut sebagaimana diterbitkan di Jurnal Pelita Perkebunan tahun 2012, menunjukkan kondisi terbaik adalah pemanggangan pada suhu 127 derajat C dengan waktu 25 menit.

Setelah roasting maka yang perlu Anda lakukan adalah melepaskan kulit halus di luar bagian nibs. Dan menyisahkan bagian dalam biji kakao yang kemudian ditumbuk kasar dan dapat dikonsumsi langsung atau dicampur dengan makanan lain sepert es krim atau es buah.

Jadi Anda ingin mencoba membuat nibs Anda sendiri.

 

Add comment


Security code
Refresh

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish