• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday352
mod_vvisit_counterYesterday622
mod_vvisit_counterThis week352
mod_vvisit_counterLast week6797
mod_vvisit_counterThis month17967
mod_vvisit_counterLast month25593
mod_vvisit_counterAll days734992

We have: 36 guests online
Your IP: 54.225.57.230
 , 
Today: Aug 19, 2018

Harga Kakao Rendah, Ini Saatnya Industri Turun Gunung

PDF 

http://static.wixstatic.com/media/cce09f_955dcaf615518fb7784aef3c2987733b.jpg_512

JAKARTA-KAKAO INDONESIA. Saat ini petani kakao mengalami tekanan akibat harga kakao di bawah US $ 2.000 MT di pasar New York. Kondisi demikian sesungguhnya dapat mengancam eksistensi perkebunan nasional.

Menurut Kakao Indonesia, ini adalah saat yang tepat bagi perusahaan pengolahan untuk membantu petani mengurangi beban akibat penurunan harga. Dimana saat ini perusahaan menikmati keuntungan dari penurunan harga tersebut jika dibandingkan saat biji kakao petani pernah mencapai Rp. 40.000/kg. Perusahaan perlu meningkatkan kegiatan pembinaan, bantuan dalam bentuk sarana produksi dan tidak hanya melakukan pencitraan saja.

 

Hanya industri pengolahan kakao maupun cokelat cenderung eksklusif dan hanya memanfaatkan berbagai LSM untuk melakukan pembinaan pada masyarakat. Ketika dibandingkan perusahaan kelapa sawit yang harus membangun kebun rakyat 20 %, harus mengembangkan ekonomi masyarakat sekitar, industri kakao tidak pernah mendapatkan perlakuan yang berbeda. Ketika perusahaan kelapa sawit tidak melakukan pembinaan masyarakat maka akan banyak pihak yang menyerang.

Ketika industri pengolahan kakao atau cokelat tidak melakukan hal tersebut tidak ada LSM atau LSM luar yang melakukan serangan karena di Kakao LSM cenderung harmonis dengan perusahaan pengolahan. Namun jika industri tidak keluar dari menara gadingnya yang bisa terjadi adalah laju konversi lahan kakao akan masif mengingat kelapa sawit tetap menjadi komoditas yang paling menggiurkan apalagi saat ini harganya di sejumlah daerah telah mencapai Rp. 2000 per kg TBS. Jangan lupakan daya tarik tanaman seperti cengkeh, pala, lada dan yang lagi booming saat ini adalah vanili.

Apa yang terjadi jika laju konversi tinggi dan dunia kehilangan 100 ribu ton saja supply biji maka akan membuat harga kakao akan melonjak tinggi. Dan ketika itu terjadi petani tidak juga dengan serta merta merubah tanaman tahunan seperti kelapa sawit, cengkeh atau pala menjadi kakao.Jika ini terjadi maka akan menjadi mimpi buruk bagi industri pengolahan dalam negeri maupun global. Tentu kita tidak berharap hal tersebut terjadi.

 

 

Add comment


Security code
Refresh

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish