• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday715
mod_vvisit_counterYesterday2412
mod_vvisit_counterThis week8266
mod_vvisit_counterLast week9347
mod_vvisit_counterThis month21316
mod_vvisit_counterLast month53674
mod_vvisit_counterAll days391620

We have: 62 guests online
Your IP: 54.226.34.209
 , 
Today: Dec 13, 2017

Kami Sampai Lupa Harga Biji Kakao Kering

PDF 

https://www.globotreks.com/wp-content/uploads/2011/11/Cacao-Wet-Beans.jpg

JAKARTA, KAKAO-INDONESIA. Syafaruddin petani asal Luwu Utara mengaku lupa harga biji kakao kering karena selama ini ia hanya menjual dalam bentuk biji basah.

Ternyata pembelian biji basah sangat masif terjadi di daerah Luwu Raya (Luwu, Luwu Utara dan Luwu Timur) yang merupakan sentra pengembangan kakao di Sulawesi Selatan. Pembelinya adalah sebuah perusahaan yang selama ini sering mengklaim melakukan pembinaan petani.

Syafaruddin bersedia menjual biji basah karena lebih mudah penjualannya. “Saya tidak perlu lagi melakukan pengeringan. Begitu panen langsung bisa jual”, katanya. Padahal faktanya harga pembelian biji basah hanya setengah harga biji kering.

Sayangnya praktek tersebut sudah berlangsung lama dan tidak diketahui secara pasti apakah Dinas yang Membidangi Perkebunan Prov. Sulawesi Selatan mengetahuai kondisi tersebut. Padahal pemerintah selama ini mengembar-gemborkan upaya untuk meningkatkan kesejahteraan petani melalui peningkatan nilai tambah dari hasil kebunnya.

 

Add comment


Security code
Refresh

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish