• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday690
mod_vvisit_counterYesterday2412
mod_vvisit_counterThis week8241
mod_vvisit_counterLast week9347
mod_vvisit_counterThis month21291
mod_vvisit_counterLast month53674
mod_vvisit_counterAll days391595

We have: 45 guests online
Your IP: 54.226.34.209
 , 
Today: Dec 13, 2017

Rahasia Seorang Trader Kakao

PDF 

KENDARI-KAKAO INDONESIA. Baru-baru ini Kakao Indonesia melakukan wawancara dengan seorang trader yang biasa mengumpulkan biji kakao masyarakat di salah Kabupaten Sulawesi Tenggara. Ia lalu menjelaskan pengetahuan dasar dari seorang pedagang.

“Dalam bisnis ini Anda harus mampu bernegosiasi, mencari celah untuk bisa bertahan”, katanya.

Orang gudang (trader besar atau orang pabrik) biasanya menuntut standar tertentu. Misalnya bean counting 115, kadar air 8 %, kadar kotoran 2 %.  Tentu ini bukan standar kaku, biasanya seorang trader akan bertanya apakah masih ada toleransi. Seandainya kotoran lebih dari 2 % apakah masih diterima dengan konsekuensi terkena potongan, demikian juga dengan kadar air atau biji kena jamur.

Namun ada perusahaan yang tidak mentolerir tidak terpenuhinya standar yang ditetapkan misalnya ukuran biji 115, tidak mencapai ukurang minimal tersebut tidak lagi diterima. Lalu, untuk biji adakalanya trader mencampur biji besar dengan biji kecil. “Orang gudang biasanya menghitung bobot rata-rata per 100 biji tanpa melihat kesaragaman biji. Ini  adalah strategi untuk tetap keuntungan dan mencegah biji kecil tidak laku dijual”, katanya.

Menurut sang trader biasanya perusahaan yang memberikan toleransi tinggi akan menetapkan harga pembelian tidak terlalu tinggi namun yang toleransinya rendah tapi harga cukup menarik. Dan, seringkali gudang juga memainkan tingkat toleransi dan harga untuk mendapatkan lebih banyak biji kakao. “Pasalnya persaingan di lapangan cukup tinggi”, ungkapnya.

Untuk menciptakan kepercayaan dari orang gudang kepadanya ia mengaku memastikan bahwa sampah relatif kecil serta kadar air harus terjaga. Ia mengaku menggunakan alat sortasi untuk mengeluarkan kotoran serta alat pengukur kadar air digital yang biasa digunakan orang gudang.

 

Add comment


Security code
Refresh

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish