• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday702
mod_vvisit_counterYesterday2412
mod_vvisit_counterThis week8253
mod_vvisit_counterLast week9347
mod_vvisit_counterThis month21303
mod_vvisit_counterLast month53674
mod_vvisit_counterAll days391607

We have: 51 guests online
Your IP: 54.226.34.209
 , 
Today: Dec 13, 2017

Presiden Jokowi: Jangan Mau Ditakut-takuti

PDF 

Hasil gambar untuk jokowi adhikarya pangan nusantara

JAKARTA-KAKAO INDONESIA. Seharusnya bangsa Indonesia optimis menghadap Masyarakat Ekonomi Asia (MEA). Pasalnya kita memiliki potensi untuk menyerbu negara lain dengan produk-produk kita.

Demikian kata Presiden RI, Jokowi, dalam sambutannya pada acara penghargaan Adikarya Pangan Nusantara di istana negara ( 21/12). Menurutnya, banyak negara yang takut akan masuknya produk-produk Indonesia ke negaranya. “Jadi jangan malah kita takut atau ditakut-takuti”, katanya.

Meskipun Indonesia memiliki potensi yang besar namun kita harus berbenah. Masalah terbesar untuk produk pertanian, kata Presiden, supply produk bermutu tinggi terbatas. Pernyataan ini ia tegaskan terutama menyangkut komoditas pangan dan hortikultur.

Namun, dalam kaitan dengan kakao, pendapat Presiden tersebut relevan. Kita sering ditakut-takuti bahwa kakao Indonesia tidak bermutu, tidak disukai perusahaan besar atau menjadi produk tidak bernilai di Eropa. Namun saat pemerintah menerapkan bea keluar, yang terjadi sebaliknya. Banyak perusahaan asing yang menanamkan investasi di Indonesia membangun pabrik guna mendapatkan supply bahan baku kakao asal Indonesia. Artinya kakao Indonesia ternyata sangat dibutuhkan dunia.

Hanya saja orang Indonesia tidak menyadari hal tersebut dan seringkali kecut ketika berhadap negara asing. Padahal sebagai negara produsen terbesar ketiga di dunia, dengan mengendalikan mutu dan supply kakao maka Indonesia dapat meningkatkan posisi tawar dengan negara maju khususnya yang membutuhkan bahan baku kakao. Oleh sebab itu pesan Presiden Jokowi, jangan mau ditakut-takuti juga relevan untuk komoditas bahan baku cokelat tersebut.

 

Add comment


Security code
Refresh

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish