• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday712
mod_vvisit_counterYesterday2412
mod_vvisit_counterThis week8263
mod_vvisit_counterLast week9347
mod_vvisit_counterThis month21313
mod_vvisit_counterLast month53674
mod_vvisit_counterAll days391617

We have: 59 guests online
Your IP: 54.226.34.209
 , 
Today: Dec 13, 2017

Membuat Coklat di Rumah

PDF 

JAKARTA-KAKAO INDONESIA. Membuat coklat dari biji kakao bukanlah proses yang sederhana. Pelaksanaan di pabrik membutuhkan seperangkat peralatan yang canggih dan cukup mahal. Namun bukan berarti Anda tidak membuat  coklat dengan peralatan sederhana di rumah.

Lalu bagaimana cara membuat coklat dari biji di rumah Anda?

Pesan Biji Kakao. Anda dapat memesan biji kakao dari petani atau memesan dari internet.  Biji yang Anda beli adalah yang sudah difermentasi. Jika ingin membeli dari petani sebaiknya Anda pastikan bahwa petani yang memproduksi biji tersebut sudah biasa menyupply ke perusahaan besar, sehingga mutunya terjamin.

Roasting. Pelaksanaan roasting di pabrik membutuhkan peralatan canggih dan berharga mahal yang bisa mengolah biji kakao dalam volume yang cukup besar. Namun untuk pengolahan di rumah, Anda dapat memanfaatkan  pemanggang roti. Anda bisa meletakkan biji kakao di baki pemanggang lalu memasukkan ke dalam oven selama 5 sd 30 menit, tergantung jumlah dan jenis biji serta aroma yang ingin diraih.  Atau Anda dapat “menggongseng” di atas kuali dengan sumber panas api yang berasal dari kompor.

Membuang kulit luar. Bagian yang Anda oleh untuk mendapatkan coklat adalah bagian kotiledon atau bagian dalam yang dilapis oleh kulit luar. Dimana kulit luar atau shell harus dipisahkan dan dibuang. Anda bisa menggunakan alat pemberat untuk menghancurkan kulit luar, lalu Anda dapat memisahkan menggunakan pengering rambut untuk menyingkirkan kulit luar.

Grinding dan Refining. Setelah bagian dalam sudah Anda peroleh selanjutnya Anda menggilingnya (grinding) dengan menggunakan blender. Setelah  diperoleh hasil berbentuk seperti pasta Anda kemudian dapat mencampur dengan susu, gula dan bahan tambahan lainnya. Anda bisa menggunakan mixer namun dengan settingan rendah. Untuk coklat Anda harus melakukan goncangan yang lambat namun berlangsung selama 12 jam secara konsisten.

Pemanasan. Setelah direfining kemudian coklat dipanaskan. Sebenarnya ini adalah proses yang rumit namun Anda dapat memasukkan coklat olahan Anda ke dalam microwave.

 

Comments  

 
-1 #1 PertanyaanAde Setiawan 2014-08-29 06:37
Mas,

Mau tanya apa yang dilakukan pada proses di microwave (MW)
Berapa lama di masukkan di dalam MW?
Level berapa untuk pemanasannya?

Jika menggunakan alat selain MW, bagaimana tehnisnya?
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish