• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday659
mod_vvisit_counterYesterday2412
mod_vvisit_counterThis week8210
mod_vvisit_counterLast week9347
mod_vvisit_counterThis month21260
mod_vvisit_counterLast month53674
mod_vvisit_counterAll days391564

We have: 24 guests online
Your IP: 54.226.34.209
 , 
Today: Dec 13, 2017

Untungkah Memproduksi Coklat Skala Kecil?

PDF 

JAKARTA-KAKAO INDONESIA. Ada sejumlah pengusaha yang berminat memproduksi coklat batangan langsung dari biji. Lalu pertanyaannya menguntungkankah?

Pasta yang dihasilkan dari mesin dengan kepasitas 5 kg biji coklat untuk setiap jamnya akan menjadi lebih mahal dibandingkan mesin yang mampu mengolah hingga 5 ton per jamnya. Jika diolah lebih lanjut menjadi coklat batangan harganya menjadi lebih mahal.

Selain itu coklat dari pabrik besar memiliki aroma dan cita rasa khas karena menggunakan biji kakao lebih dari satu sumber. Seperti menggunakan biji kakao mulia asal Amerika Selatan untuk mendapatkan aroma yang khas lalu mencampurnya dengan biji kakao asal Indonesia. Sedangkan UKM hanya mampu mengolah biji dari kebun sekitar.

Lalu apakah mustahil memproduksi coklat skala kecil? Bisa saja. Namun untuk memperoleh keuntungan harus diarahkan memproduksi produk premium yang memiliki keunikah. Entah dari kemasan, campuran, rasa. Sehingga produk tersebut nantinya tidak bisa dibandingkan coklat yang ada di supermarket. Seperti salah satu produsen coklat yang menjadikan dodol sebagai isi dari coklat batangan dan menjualnya lebih mahal dari produk buatan pabrik.

Ciri lain dari produk premium adalah higienis. Proses produksinya terjaga, sehingga mustahil jika kemudian coklat olahan berbau tanah. Lalu mengenai cita rasa tentu harus disesuaikan dengan lidah masyarakat setempat, atau target pasar dari produk tersebut.

Sangat mungkin sebuah perusahaan pengolahan kecil memproduksi coklat batangan dan mendapatkan profit. Dengan syarat coklat yang dihasilkan adalah produk premium yang memiliki keunikan dan perbedaan dengan dengan produk yang banyak dijual di supermarket.

 

 

Add comment


Security code
Refresh

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish