• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday542
mod_vvisit_counterYesterday1622
mod_vvisit_counterThis week2164
mod_vvisit_counterLast week8824
mod_vvisit_counterThis month20549
mod_vvisit_counterLast month27558
mod_vvisit_counterAll days349184

We have: 18 guests online
Your IP: 3.232.96.22
 , 
Today: Jan 18, 2021

Integrasi Kakao Solusi Tingkatkan Pendapatan Petani

PDF Print E-mail
   Tuesday, 22 December 2020 08:30

 

JAKARTA-KAKAO INDONESIA. Pengembangan perkebunan kakao terintegrasi diharapkan bisa menjadi solusi dalam meningkatkan kualitas tanaman dan pendapatan pekebun.

Hal ini disampaikan oleh Praktisi Kakao PT Hasfarm International Herman Zaini dalam Webinar bertajuk "Persiapan Bahan Tanam Untuk Kakao yang Sukses pada Rabu, (16/12/2020).

Menurut Herman, tanaman kakao bisa diintegrasikan dengan tanaman kelapa dan ternak sapi. Selain sebagai naungan, tanaman kelapa bisa menjadi sumber pendapatan tambahan dari hasil penjualan buahnya.

"Kita harus memanfaatkan naungan. [Dari] yang selama ini tidak menambah pendapatan, itu harus menambah pendapatan,” kata Herman.

Sementara itu, selain sebagai penghasil pendapatan tambahan dari penjualan daging dan susu, ternak sapi juga bisa dijadikan sebagai sumber pupuk organik. Menurut Herman, penggunaan pupuk organik menjadi penting dalam pengembangan tanaman.

Di samping kedua hal di atas, pemilihan bibit juga menjadi faktor kunci. Herman menyarankan petani untuk selalu menggunakan bibit bersertifikat demi memastikan legalitas dan kualitas bibit.

Petani bisa mendapatkan bibit bersertifikat tersebut dari para penangkar yang mempunyai izin usaha produsen benih, legalitas benih seperti sertifikat mutu benih, dan label biru.

Dia menambahkan bahwa kualitas mutu benih juga menjadi faktor kunci guna mendapat produksi unggulan baik dari segi kualitas maupun kuantitas.

"Ada beberapa klon unggul seperti MCC 01, dimana hasilnya lebih dari 303.000 kg per hektar," lanjutnya

Di samping MCC 01, adapula sejumlah klon unggul lainnya seperti MCC 02/M 45, Sulawesi 1, Sulawesi 2, ICCRI 03, dan ICCRI 04.

 

Last Updated on Tuesday, 22 December 2020 15:57
 

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish