• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday131
mod_vvisit_counterYesterday849
mod_vvisit_counterThis week4840
mod_vvisit_counterLast week6764
mod_vvisit_counterThis month28399
mod_vvisit_counterLast month33362
mod_vvisit_counterAll days235906

We have: 10 guests online
Your IP: 75.101.220.230
 , 
Today: Sep 30, 2020

Gamal Nasir: Wajibkan Inti Plasma di Kakao

PDF Print E-mail
   Monday, 10 February 2020 09:48

https://lh3.googleusercontent.com/proxy/H_9UAFjuWeYml7l3QMTcnZKjhZjRlCP0-YW5IUBocz3HoohanWQQWbeDqD1ILqLeW8yKhejZxg-JJlgYmw4qIK9_x7D2zl8SwFnoBMDixS05b01tPJ4FVwa8_oAEcI03Gj9gNTZ4MpjbZwZikZ8

JAKARTA-KAKAO INDONESIA. Tidak banyak yang menyadari jika saat ini perkebunan kakao global tengah menghadapi krisis. Anehnya kondisi tersebut terjadi pada saat trand demand meningkat setiap tahunnya.

Menurut Gamal Nasir, pakar perkebunan, titik lemah perkebunan kakao sesungguhnya bersumber dari tata niaganya. Dengan adanya tekanan pada tingkat on farm akibat serangan hama dan penyakit petani membutuhkan lebih banyak pendapatan untuk diinvestasikan ke kebun serta sangat mengharapkan inovasi baru.

“Kondisi demikian hanya bisa terjadi ketika perusahaan mengembangkan kemitraan dengan petani. Dimana perusahaan memberikan pendapatan yang lebih menarik kepada petani dengan memotong rantai pemasaran dampak adanya kerjasama kemitraan. Selain itu melalui kerjasama ini perusahaan diharapkan turut melakukan investasi pengembangan teknologi penangulangan hama penyakit”, jelas Gamal.

Ia mencontohkan kelapa sawit. Tumbuhnya perkebunan rakyat dengan sendirinya tanpa adanya bantuan pemerintah, tidak lain karena adanya pola inti plasma antara perusahaan dengan petani. Kemitraan adalah hal wajib pada perkebunan kelapa sawit, berbeda dengan kakao, yang industri dengan petani tidak terhubung secara langsung.

“Jika kondisi seperti ini berlangsung terus menerus maka produksi perkebunan kakao rakyat menurun drastis setiap tahunnya, dan laju konversi lahan akan meningkat. Ketika ini terjadi pada akhirnya industri yang mengalami dampak kekurangan bahan baku. Sehingga menurutu saya sudah seharusnya inti plasma pada kakao  menjadi suatu kewajiban”, jelas mantan Dirjen Perkebunan tersebut.

Last Updated on Monday, 10 February 2020 18:17
 

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish