• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday167
mod_vvisit_counterYesterday849
mod_vvisit_counterThis week4876
mod_vvisit_counterLast week6764
mod_vvisit_counterThis month28435
mod_vvisit_counterLast month33362
mod_vvisit_counterAll days235942

We have: 8 guests online
Your IP: 75.101.220.230
 , 
Today: Sep 30, 2020

Pemangkasan Hasilkan Kebun Kakao Produksi Tinggi

PDF Print E-mail
   Friday, 07 February 2020 11:33

KENDARI-KAKAO INDONESIA. Riset membuktikan jika pemangkasan penting untuk meningkatkan produksi tanaman kakao. Menurut Emmang Satria, petani asal Sulawesi Tenggara salah hal yang harus dilakukan adalah pmangkasan bentuk.

Langkah awal dengan memangkas cabang primer sehingga tersisa 2-3 cabang yang tumbuh sehat dengan arah simetris. Kondisikan 3 cabang utama berbentuk V.

Berikutnya memangkas cabang-cabang sekunder yang tumbuh terlalu dekat dengan jorget berkisar 30 cm. Kemudian cabang-cabang sekunder diatur agar jaraknya tidak terlalu rapat.

Lalu pangkas cabang tanaman yang tumbuh meninggi dengan melihat keseimbangan tanaman antara besarnya batang dengan ketinggian tanaman, sehingga tidak muda rebah dan sekiligus bertujuan mempertahankan tinggi tanaman berkisar 3,5 - 4 m.

Dengan menata percabangan kakao maka nutrisi dari tanah akan termanfaatkan secara efektif untuk pembentukan buah dan kelembapan terjaga sehingga mengurangi resiko terkena penyakit. Sehingga pada akhirnya akan berdampak pada produktivitas kebun.

 

Last Updated on Friday, 07 February 2020 11:38
 

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish