• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday202
mod_vvisit_counterYesterday918
mod_vvisit_counterThis week6721
mod_vvisit_counterLast week10394
mod_vvisit_counterThis month6721
mod_vvisit_counterLast month30043
mod_vvisit_counterAll days180866

We have: 16 guests online
Your IP: 3.228.220.31
 , 
Today: Aug 07, 2020

Pengeringan Biji Kakao

PDF Print E-mail
   Monday, 12 August 2013 11:34

JAKARTA-KAKAO INDONESIA, Tujuan dari pengeringan adalah menurunkan kandungan air biji dari sekitar 65 % menjadi 7 %. Pengeringan sangat berpengaruh terhadap pembentukan calon cita rasa coklat terutama berkaitan erat dengan tingkat keasaman pada biji kakao. Pengeringan yang terlalu cepat akan menghasilkan biji kakao yang asam. Penggunaan panas yang tinggi dalam pengeringan selain dapat menyebabkan tingkat keasaman yang tinggi juga beresiko terjadi cacat cita rasa (burnt). Pengeringan yang baik adalah pengeringan yang alami apabila cuaca baik.

Pengeringan biji kakao dapat dilakukan dengan penjemuran alami dengan cahaya matahari, memakai dryes machine atau kombinasi keduanya.

 

Penjemuran alami

Biji dihamparkan di atas alas tertentu seperti tikar/terpal plastik, sesek bambu (para-para) atau lantai jemur. Tebal lapisan biji mencapai 5 cm ( 2 -3 lapis biji) dengan lama penjemuran pada cuaca panas 7 – 8 jam sehari. Selama penjemuran dilakukan pembalikan hamparan 1 -2 jam sekali, namun tergantung dari cuaca.

Pengeringan dengan menggunakan alat

Alat pengeringan yang biasa digunakan adalah cacao dryer dan rotary dryer. Tebal lapisan biasanya 10 – 20 cm dan dilakukan pembalikan selama 1 -2 jam sekali. Gabungan antara penjemuran alami dengan alat pengering. Sebaiknya jika ingin menggabungkan metode ini karena disebakan faktor cuaca sebaiknya biji kakao dijemur 1 -2 hari dulu yang dicirikan biji tidak terlalu kental untuk menghindari biji hangus kemudian selanjutnya dimasukkan ke dryer.

Beberapa cara dilakukan untuk mengetahui selesainya pengeringan biji kakao.

1) Berdasarkan penurunan berat biji yaitu apabila berat biji kering mencapai 1/3 berat basah

2) Berdasarkan kekerasan biji. Biji kakao yang sudah cukup kering biasanya mudah patah atau rapuh

3) Bila digenggam kemudian dilepas semua biji akan jatuh (Tidak melengket di tangan) dan terasa bunyi seperti kacang

4) Menggunakan alat pengukur aqua boy.

Sumber: GAP Kakao, Ditjenbun 2013

Last Updated on Monday, 12 August 2013 11:37
 

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish