• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday464
mod_vvisit_counterYesterday478
mod_vvisit_counterThis week942
mod_vvisit_counterLast week5417
mod_vvisit_counterThis month3822
mod_vvisit_counterLast month24867
mod_vvisit_counterAll days680761

We have: 20 guests online
Your IP: 3.81.89.248
 , 
Today: Dec 06, 2021

Intip Kebun Penghasil Kakao Mulia di Banyuwangi

PDF Print E-mail
   Sunday, 31 October 2021 22:33

 

BAYUWANGI-KAKAO INDONESIA. Kakao edel yang ada di perkebunan milik PTPN XII adalah jenis mulia yang masih tersisa di Indonesia. Tanaman ini masih memiliki keturunan langsung dari bahan tanam yang diintroduksi di masa kolonial.

Terdapat 114, 11 ha kebun kakao mulia di areal Kandeng Lembu, Kecamatan Glenmore Kabupaten Banyuwangi. Tanaman ini istimewa karena memiliki aroma yang khas dan dijuluki kakao premium, yang harganya 2 kali dari kakao lindak yang lazim dikembangkan oleh masyarakat.

Secara fisik tidak ada perbedaan antara kakao lindak dengan mulia. Namun untuk biji kakao mulia cenderung terang dan putih. Sementara lindak berwarna ungu.

Perbedaan lainnya, dengan fermentasi 3 hari saja aroma cokelat yang khas sudah tercium. Tidak heran biji kakao asal PTPN XII digunakan untuk memproduksi cokelat mewah.

Sayangkan kakao mulia tidak dianjurkan dikembangkan oleh petani. Pasalnya tanaman cukup rewel dan mudah terkena penyakit.

 

Last Updated on Sunday, 31 October 2021 22:51
 

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish