• KAKAO INDONESIA merupakan pusat informasi dan jejaring pertama di Indonesia, yang fokus pada komoditas kakao. KAKAO INDONESIA didukung para pakar, praktisi, pabrikan kakao yang ada di Indonesia. Melalui layanan yang disediakan, para pekebun kakao diharapkan bisa mendapatkan informasi teraktual, dan terhubung dengan para pakar kakao terbaik di Indonesia.

    OFFICE: Jl. Duta III no. 11, Pondok Duta I, Cimanggis Jawa Barat. (CALL CANTRE: 085395459624. Email: kakaoindonesia1@gmail.com)

  • Kakao Indonesia menyediakan informasi tentang klon-klon kakao terbaik dan sumber bahan tanam kakao bermutu. Melalui layanan ini, para pekebun kakao di seluruh Indonesia diharapkan bisa memperoleh bahan tanam unggu

     

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkini terkait budidaya kakao. Kami juga siap membantu pekebun kakao yang ingin terhubung dengan praktisi atau para-para ahli kakao terbaik di Indonesia, melalui layanan konsultasi atau pelatihan

    .

  • KAKAO INDONESIA menyediakan informasi terkait pengolahan biji kakao dan pemasaran. Kami juga siap membantu pekebun, kelompok tani, atau GAPOKTAN yang ingin memasok biji kakaonya secara langsung ke "pabrik pengolahan" untuk jumlah besar, dan kepada pemasok besar untuk jumlah yang terbatas. Melalui layanan ini diharapkan para kebun bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday1928
mod_vvisit_counterYesterday2883
mod_vvisit_counterThis week11891
mod_vvisit_counterLast week12518
mod_vvisit_counterThis month14142
mod_vvisit_counterLast month47314
mod_vvisit_counterAll days489027

We have: 70 guests online
Your IP: 3.238.96.184
 , 
Today: May 07, 2021

Waspadai Hama Kakao Ini

PDF Print E-mail
   Saturday, 03 April 2021 19:35

JAKART-KAKAO INDONESIA. Dalam membudidayakan tanaman kakao, pekebun baiknya mengenal hama yang sewaktu-waktu dapat menyerang.

Azhar Mahir, pembina petani asal Kolaka Timur menjelaskan beberapa hama pada kakao yang perlu diwaspadai.

Di antaranya hama penggerek buah kakao yang mulanya mempunyai nama ilmiah Acrocercops Cramerella dan saat ini menjadi Conopomorpha Cramerella snellen. Hama ini merupakan hama utama pada tanaman kakao di Asia Tenggara termasuk di Indonesia. Jika tidak ditangani dengan cepat hama jenis ini dapat merusak hampir semua buah pada tanaman kakao yang mengakibatkan kerugian saat panen, setidaknya dapat terjadi menurunkan hasil produksi hingga 80 persen.

Berikutnya adalah hama penggerek batang (Zeuzera & Squamora). Penggerek batang (Squamura sp.) adalah hama utama pada tanaman kakao yang menyerang pada batang atau cabang dengan cara menggerek batang kakao sampai ke jaringan pengangkut.

Ulat atau larva pada hama ini merusak bagian batang dan cabang dengan menggerek menuju empulur (floem) batang dan cabang. Panjang lubang gerekan yang disebabkan oleh hama ini dapat mencapai sekitar 40 - 50 cm.

Pada permukaan lubang yang baru digerek sering terdapat campuran kotoran dengan serpihan jaring. Akibat gerekan ulat bagian tanaman di atas lubang gerekan akan layu, kering bahkan mati. (AD)

Last Updated on Saturday, 03 April 2021 20:21
 

Call Kakao Indonesia 

+6285395459624

+6285395459624 (WA)

kakaoindonesia1@gmail.com

versi

English French German Italian Portuguese Russian Spanish